Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Time Game Tournament (TGT) di Kelas IV SDN 04 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat

Nita, Gita (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Time Game Tournament (TGT) di Kelas IV SDN 04 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_GITA_NITA_1108271_3001_2014.pdf] Text
B1_6_GITA_NITA_1108271_3001_2014.pdf

Download (660kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran PKn yang selama ini
masih berpusat pada guru. Kurang berpariasinya model pembelajaran yang di
terapkan sehingga siswa tidak aktif karena hanya mendengar apa yang disampaikan
guru. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan model
pembelajaran cooperative tipe TGT. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki
proses pembelajaran PKn di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PKn
di kelas IV SDN 04 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan dua
siklus secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Data penelitian ini berupa
informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan
dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran PKn tentang lembaga
pemerintahan Desa dan Kecamatan di kelas IV SDN 04 Gunung Tuleh. Subjek
penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai guru dan siswa kelas IV SD terteliti.
Hasil penelitiandari setiap siklus yang telah dilaksanakan terlihat adanya
peningkatan hasil belajar siswa. Dimana pada penilaian siklus 1 dengan hasil RPP
71,4% meningkatpada siklus II 85,7%. Pada hasil kegiatan pelaksanaan
pembelajaran siklus I dari aspek guru 76,7% meningkat pada siklus II 89,2%, dari
aspek siswa siklus I 71,6 %, selanjutnya pada siklus II 85,5%. Penilaian kognitif
siklus I 69,3%, meningkat siklus II 81,7%, penilaian afektif siklus I 77,3%
meningkat siklus II 84,9% dan penilaian psikomotor Siklus I 77,5% selanjutnya
siklus II 81,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas
yaitu melalui model pembelajaran cooperative tipe TGT yang dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:09
Last Modified: 21 Jul 2025 04:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15798

Actions (login required)

View Item
View Item