Hubungan Sikap disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PDTL Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Meulaboh

Fakhrizal, Fakhrizal (2011) Hubungan Sikap disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PDTL Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Meulaboh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_FAKHRIZAL_53086_2011.pdf] Text
B1_4_FAKHRIZAL_53086_2011.pdf

Download (211kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pada hasil belajar mata pelajaran PDTL dari
semester yang lalu semester I tahun ajaran 2009/2010 bahwa terdapat nilai siswa yang
masih dibawah standar karena siswa sering bolos, sering tidur saat proses belajar
berlangsung dan malas membuat tugas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap disiplin belajar
dengan hasil belajar mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Listrik (PDTL) siswa
kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Meulaboh tahun ajaran
2010/2011.
Penelitian ini disebut dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang bersifat
korelasional, dengan populasi seluruh siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga
Listrik SMK Negeri 2 meulaboh yang berjumlah 37 orang. Untuk menentukan ukuran
sampel dari suatu populasi digunakan rumus Slovin yang dikutip umar (1999:77),
sehingga di dapat sampel sebanyak 28 orang. Data variable sikap disiplin belajar siswa
yang digunakan berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabelitasnya sedangkan
variabel hasil belajar berasal dari nilai rata-rata mata pelajaran PDTL tahun ajaran
2009/2010. Data tersebut dianalisis secara statistic dengan bantuan program SPPS
(Statistic Product And Service Solution) versi 15 for windows.
Analisis data dilakukan dengan 3 tahap yaitu: (1) Deskripsi data, (2) Pengujian
persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, dan (3) Pengujian
Hipotesis. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara sikap disiplin belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran PDTL
kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Meulaboh tahun ajaran
2010/2011, dimana rhitung= 0,445 > rtabel = 0,374 pada taraf signifikan 0,05 atau 5%
dengan uji keberartian yaitu thitung =2,534 > ttabel =2,056 pada taraf signifikan 0,05 atau
5%.
Temuan yang diperoleh berdasarkan rangkaian analisis data menunjukkan bahwa
hubungan sikap disiplin belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran PDTL sebesar
19,80%, sedangkan 80,20% diduga dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Meulaboh, salah satu variabel
yang harus diperhitungkan adalah sikap disiplin belajar siswa. Dapat dikemukakan bahwa
semakin meningkat sikap disiplin belajar siswa maka semakin bagus pula hasil belajar
yang akan diperoleh siswa. Dan sebaliknya, jika sikap disiplin belajar siswa rendah maka
hasil belajarpun tidak sesuai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:08
Last Modified: 21 Jul 2025 04:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15792

Actions (login required)

View Item
View Item