Ramadhona, Sri (2014) Implementasi Strategi Inkuiri Tipe Guided dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA N 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SRI_RAMADHONA_05035_1128_2014.pdf [thumbnail of B1_5_SRI_RAMADHONA_05035_1128_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SRI_RAMADHONA_05035_1128_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika di SMA Negeri 12Padang disebabkan oleh kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa, sehinggadalam menyelesaikan soal-soal fisika, siswa cenderung asal-asalan tanpa berpikirpanjang. Hal ini menyebabkan rendahnya kualitas pembelajaran fisika. Dimanaketerampilan berpikir kritis merupakan landasan keberhasilan suatu pembelajaranUntuk itu perlu digunakan strategi pembelajaran yang dapatmenumbuhkembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satunya adalahstrategi Guided Inquiry.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu denganrancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian iniadalah kelas XI SMA Negeri 12 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster RandomSampling, sehingga terpilih kelas XI IPA4 dan kelas XI IPA5. Sebagai kelaseksperimen adalah kelas XI IPA4 dan kelas kontrol adalah kelas XI IPA5.Instrumen penelitian berupa tes akhir untuk ranah kognitif, Data yang diperolehdianalisis dengan menggunakan uji t, syarat uji t adalah data harus terdistribusinormal dan homogen dan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi”terdapat pengaruh yang berarti implementasi strategi guided inquiry dalampembelajaran fisika terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN12 Padang” untuk taraf nyata 0,05. Dengan demikian, strategi Guided Inquirydapat meningkatkan hasil belajar fisika dan keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI INKUIRI, PEMBELAJARAN FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:08 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15790 |