Rahayu, Sri Mimi (2016) Kontribusi Minat Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mekatronika pada Mata Diklat Menerapkan Dasar Dasar Teknik Digital di SMKN 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SRI_MIMI_RAHAYU_1201915_3988_2016.pdf [thumbnail of B1_5_SRI_MIMI_RAHAYU_1201915_3988_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SRI_MIMI_RAHAYU_1201915_3988_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masalah rendahnya hasil belajar pada matadiklat Menerapkan Dasar Dasar Teknik Digital pada semester genap tahun ajaran2015/2016, dimana 34,40% siswa mendapat nilai dibawah Kriteria KetuntasanMinimum (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besarkontribusi minat belajar dan lingkungan belajar secara sendiri-sendiri maupunbersama-sama terhadap hasil belajar.Populasi penelitian ini berjumlah 32 orang dan sampel berjumlah 32 orangsiswa kelas X Mekatronika SMKN 1 Sumatera Barat. Teknik pengambilan sampeldilakukan secara keseluruhan dari jumlah populasi (Total Sampling). Datamengenai hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran MenerapkanDasar Dasar Teknik Digital. Sedangkan data minat belajar dan lingkungan belajardikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakanskala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) minat belajar dan lingkunganbelajar secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajarsiswa SMKN 1 Sumatera Barat sebesar 39,05%. (2) minat belajar berkontribusisecara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Sumatera Barat sebesar25,73%, (3) lingkungan belajar berkontribusi secara signifikan terhadap hasilbelajar siswa SMKN 1 Sumatera Barat sebesar 22,00%,Jadi dapat disimpulkanbahwa minat belajar dan lingkungan belajar berkontribusi terhadap hasil belajarsiswa di SMKN 1 Sumatera Barat, semakin tinggi minat belajar dan semakinbaiknya lingkungan belajar, maka semakin tinggi hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MINAT, LINGKUNGAN BELAJAR, HASIL BELAJAR |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 09:57 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 09:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15756 |