Fadhilah, Fadhilah (2016) Peningkatan Pengembangan Bahasa Anak Melalui Bernyanyi dengan Kartu Kata di TK Pertiwi Sungai Buluah Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_FADHILLAH_08363_657_2016.pdf [thumbnail of B1_4_FADHILLAH_08363_657_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_FADHILLAH_08363_657_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pengembangan bahasa anak pada semester I tahun pelajaran 2015/2016 di TK Pertiwi. Tujuan untuk menggambarkan peningkatan pengembangan bahasa anak dalam (1) mengungkapkan dan menjawab pertanyaan apa, dimana dan bagaimana, (2) menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya, (3) menyusun kalimat sederhana.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas sedangkan subjek penelitian ini adalah anak kelompok B.1 TK Pertiwi Sungai Buluah Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Dan setting ini dilakukan sebanyak dua siklus dan pada tiap siklus dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara. Sedangkan teknik analisa data dilakukan adalah analisa deskriptif dengan menggunakan rumus persentase.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa bernyanyi dengan kartu kata dapat meningkatkan pengembangan bahasa anak dalam (1) mengungkapkan dan menjawab pertanyaan apa, dimana dan bagaimana, (2) menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya, (3) menyusun kalimat sederhana. Seiring dengan penelitian ini, maka peneliti menyarankan bagi para pendidik PAUD agar menggunakan nyanyi dengan kartu kata untuk peningkatan pengembangan bahasa anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 09:53 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 09:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15742 |