Hartati, Sri (2014) Pengaruh LKS Terintegrasi Masalah Pencemaran Udara terhadap Hasil Belajar melalui Strategi ROSE Problem Solving pada Materi Teori Kinetik Gas dan Termodinamika. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SRI_HARTATI_16027_65_2015.pdf [thumbnail of B1_5_SRI_HARTATI_16027_65_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SRI_HARTATI_16027_65_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah pembelajaran fisika disekolah belum dikaitkan dengan fenomena yang ada di sekitar. Siswa belummemiliki kepedulian lingkungan dan kemampuan pemecahan masalah yang masihrendah. Cara mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran yangbersumber dari fenomena di sekitar siswa, seperti pencemaran udara. Masalahpencemaran udara diintegrasikan ke materi teori kinetik gas dan termodinamika.Pembelajaran menggunakan LKS terintegrasi masalah pencemaran udara denganstrategi ROSE Problem Solving, diterapkan untuk meningkatkan kemampuanpemecahan masalah dan peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh LKS terintegrasi masalah pencemaran udara terhadaphasil belajar siswa melalui Strategi ROSE Problem Solving pada materi TeoriKinetik Gas dan Termodinamika kelas XI SMAN 3 Bukittinggi.Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswakelas XI IPA SMAN 3 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun pelajaran 2013/2014.Sampel diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sehinggadiperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagaikelas kontrol. Data penelitian berupa hasil belajar siswa pada ranah kognitif,afektif dan psikomotor. Instrumen penelitian adalah soal uraian untuk mengukurhasil belajar ranah kognitif, lembar observasi untuk mengukur hasil belajar ranahafektif dan psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua ratarata pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dengan taraf nyata 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar rata-rata siswa ranah kognitif,afektif dan psikomotor adalah 87,78; 84,77; dan 84,23 pada kelas eksperimen.Sedangkan hasil belajar rata-rata siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotoruntuk kelas kontrol adalah 81,38; 82,10; dan 76,82. Uji kesamaan dua rata-ratanilai hasil belajar siswa pada ketiga ranah menggunakan statistik uji tmenunjukkan bahwa thitung > ttabel. Hasil lain adalah terjadi peningkatan hasilbelajar fisika siswa sebesar 33,79 % pada kelas eksperimen dan 29,45 % padakelas kontrol sebagai akibat penggunaan strategi ROSE Problem Solving.Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan bahwa terdapatpengaruh LKS terintegrasi masalah pencemaran udara terhadap hasil belajar siswamelalui Strategi ROSE Problem Solving pada materi teori kinetik gas dantermodinamika kelas XI SMAN 3 Bukittinggi diterima pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENCEMARAN UDARA, HASIL BELAJAR, ROSE PROBLEM SOLVING |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 09:52 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 09:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15733 |