Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik dalam Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X R-SMA-BI Lubuk Alung.

Anori, Soraya (2013) Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik dalam Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X R-SMA-BI Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SORAYA_ANORI_12714_1102_2013.pdf] Text
B1_5_SORAYA_ANORI_12714_1102_2013.pdf

Download (459kB)

Abstract

Pembelajaran pada RSBI menuntut penggunaan bahan ajar dalam bahasaInggris dan berbasis ICT. Bahan ajar dengan memasukkan kedua elemen inimasih terbatas jumlahnya. Salah satu solusi mengatasi permasalahan tersebutadalah dengan menggunakan buku ajar elektronik. Penelitian dilakukan dengantujuan menyelidiki pengaruh penggunaan buku ajar elektronik dalam modelpembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelas X R-SMA-BILubuk Alung.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment Research)dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalampenelitian ini semua siswa kelas X di R-SMA-BI Lubuk Alung tahun Pelajaran2012/2013. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling.Sampel penelitian adalah kelas X1 yang terdiri atas 30 siswa dan kelas X2 yangterdiri atas 30 siswa. Teknik pengumpulan data hasil belajar melalui tes tertulisuntuk ranah kognitif dan observasi untuk ranah afektif. Teknik analisis datapenelitian adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranahkognitif dan afektif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan bukuajar elektronik dalam model pembelajaran langsung pada ranah kognitif danafektif masing-masing 76,50 dan 78,77. Penggunaan buku ajar elektronik dalammodel pembelajaran langsung memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasilbelajar siswa kelas X R-SMA-BI Lubuk Alung pada ranah kognitif danranah afektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BUKU AJAR ELEKTRONIK, MODEL PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:44
Last Modified: 18 Jul 2025 07:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15703

Actions (login required)

View Item
View Item