Pengembangan Handout Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Laboratorium Virtual Materi Momentum dan Impuls.

Yojajuniavita, Sonya (2021) Pengembangan Handout Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Laboratorium Virtual Materi Momentum dan Impuls. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SONYA_YOJAJUNIAVITA_17033161_5512_2021.pdf] Text
B1_5_SONYA_YOJAJUNIAVITA_17033161_5512_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang mengubah kemampuanseseorang menuju ke arah kemajuan dan peningkatan kualitas. Tujuan pendidikandalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 adalah untuk mengembangkanpotensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhanyang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri danmenjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Penelitianpengembangan ini bertujuan untuk meneliti tingkat validasi dari desainproduk handout berbasis inkuiri terbimbing berbantuan laboratoriumvirtual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (researchand the development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIEyangmerupakan salah satu model desain dalam pembelajaran sistematik, terdiri dari5 langkah atau tahapan kegiatan, yaitu: analisis, rancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk yang dihasilkan dari suatu penelitiandanpengembangan harus diuji terlebih dahulu terhadap kualitas produk yaituujivaliditas. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah handout berbasisinkuiri terbimbing berbantuan laboratorium virtual untuk meningkatkanpenguasaan konsep pada materi momentum dan impuls. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkanbahwa validasi handout berbasis inkuiri terbimbing berbantuan laboratoriumvirtual pada materi momentum dan impuls dengan nilai rata-rata 86,81%berada pada kategori sangat valid berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, kegrafisan, ketercapaian model inkuiri terbimbing, danketercapaian laboratorium virtual.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HANDOUT, INKUIRI TERBIMBING, LABORATORIUMVIRTUAL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:40
Last Modified: 18 Jul 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15694

Actions (login required)

View Item
View Item