Ully, Sonali Arta (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Game-Based Learning Menggunakan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Elektronika pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SONALI_ARTA_ULLY_18065020_6523_2022.pdf [thumbnail of B1_5_SONALI_ARTA_ULLY_18065020_6523_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SONALI_ARTA_ULLY_18065020_6523_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran yang diterapkanbelum dapat membuat peserta didik aktif dalam proses belajar. Metodepembelajaran yang digunakan dalam proses belajar masih monoton sehinggatidak dapat mencapai nilai rata-rata KKTP. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh metode game-based learning dengan menggunakan. Quiziz pada mata pelajaran dasar-dasar teknik elektronika. Penelitian semacamini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Populasi dalam penelitian ini siswa kelas x teknik elektronika SMKNegeri 5Padang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekniknonprobability sampling dengan sampling purposive, diperoleh sampel kelaskontrol dan kelas eksperimen, masing masing berjumlah 34 siswa. Penelitianinidilaksanakan pada tanggal 9 september sampai 25 oktober 2022. Pengumpulandata menggunakan 15 pertanyaan objektif dari tes hasil belajar. informasi yangdiperoleh dianalisis secara manual untuk uji normalitas, uji homogenitas, danujihipotesis. Hasil tes penelitian nilai rata-rata siswa yang menggunakanpembelajaran Game-Based Learning yaitu 81,32 sementara siswa yangmenggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 74,63. Hasilhipotesis penelitian didapatkan hasil thitung3,279 > ttabel1,668, sehingga hipotesisalternative (��) diterima atau menolak hipotesis nihil (��). Dapat disimpulkanpada metode pembelajaran Game-Based Learning hasil belajar rata-rata siswalebih baik dibandingkan dengan hasil belajar rata-rata siswa model pembelajarankonvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GAME BASED LEARNING, APLIKASI QUIZIZZ, BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:39 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15687 |