Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak.

Sofiarni, Sofiarni (2015) Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SOFIARNI_1304425_4319_2015.pdf] Text
B1_5_SOFIARNI_1304425_4319_2015.pdf

Download (378kB)

Abstract

Pentingnya belajar Pendidikan Kewarganegaraan sering kali tidak seiringdengan aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa dalam prosespembelajarannya. Sehubungan dengan itu, dalam pelaksanaan proses belajarmengajar, guru dituntut untuk memilih metode pembelajaran yang tepat danefektif serta sesuai dengan materi dan keadaan siswa di kelas. Salah satu metodepembelajaran yang diterapkan sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas danahsil belajar siswa adalah dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing.Metode ini mempunyai karakteristik yang lebih menekankan kepada aktivitassiswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukandi SMKN I Kecamatan Guguak dengan subjek penelitian 25 orang siswa kela XTITL 1 tahun pelajaran 2014-2015. Tujuannya adalah untuk memperbaiki prosesbelajar mengajar sebagai upaya meningkatkankan aktivitas dan hasil belajar siswadalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini berlangsungdalam dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari empat langkah kegiatanpenelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yangdigunakan adalah lembaran observasi, angket, dan tes.Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas dan hasilbelajar siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil analisis rata-rata aktivitasbelajar siswa pada siklus 1 adalah 63,66 % meningkat pada siklus 2 menjadi 80,08% (meningkat 16,42%), dan hasil belajar siswa pada siklus 1 rata-ratanya 66,80 %meningkat pada siklus 2 menjadi 84,16 % (meningkat 17,36 %). Jadi kategoriaktivitas belajar siswa pada siklus 1 adalah cukup, maka pada siklus 2 berubahmenjadi kategori baik, demikian juga dengan hasil belajar siswa pada siklus 1berkategori cukup berubah menjadi baik pada siklus 2. Selain itu hasil penelitianini juga menunjukkan respon siswa yang positif terhadap penerapan metodeinkuiri terbimbing dalam proses pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE INKUIRI TERBIMBING, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:37
Last Modified: 18 Jul 2025 07:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15684

Actions (login required)

View Item
View Item