Ramadani, Ulfa Yenisa (2021) Hubungan antara Konsep Diri dengan Perencanaan Karir Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ULFA_YENISA_RAMADANI_16006089_4619_2021.pdf [thumbnail of B1_5_ULFA_YENISA_RAMADANI_16006089_4619_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ULFA_YENISA_RAMADANI_16006089_4619_2021.pdf
Download (850kB)
Abstract
Perencanaan karir adalah suatu proses yang dimiliki individu untuk
menyusun dan merancang persiapan dalam pemilihan pekerjaan dan studi lanjutan
agar masa depan seorang individu dapat terwujud. Perencanaan karir dipengaruhi
oleh beberapa faktor, salah satunya konsep diri. Penelitian ini dilatarbelakangi
oleh adanya fenomena siswa yang merasa bingung tentang perencanaan karir yang
sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat gambaran perencanaan karir siswa ditinjau dari konsep diri siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi
penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 10 Padang dengan jumlah 218
orang siswa. Jumlah sampel adalah 141 orang siswa yang diperoleh dengan teknik
Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen model
skala Likert. Untuk melihat hubungan kedua variabel menggunakan Pearson
Correlation Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara umum konsep diri siswa
berada pada kategori sedang dengan presentase 38,30%, (2) secara umum
perencanaan karir siswa berada pada kategori sedang dengan presentase 34,04%,
(3) terdapat hubungan yang positif signifikan antara konsep diri dengan
perencanaan karir siswa dengan r
xy
= 0,536 dan taraf signifikan sebesar 0,000.
Dapat disimpulkan jika konsep diri siswa positif maka semakin baik perencanaan
karir siswa. Sebaliknya jika konsep diri siswa rendah maka semakin rendah
perencanaan karir siswa. Maknanya, konsep diri merupakan salah satu faktor
perencanaan karir.
Berdasarkan temuan penelitian ini guru BK diharapkan dapat memberikan
bantuan layanan dan bekerjasama dengan semua pihak yang terkait untuk
meningkatkan konsep diri serta mengembangkan perencanaan karir siswa. Agar
siswa mampu mengenali kelebihan dan kekurangan dirinya serta mampu
mengenali minat, bakat dan potensi untuk merencanakan karirnya dengan
menyusun program layanan Bimbingan dan Konseling.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KONSEP DIRI, PERENCANAAN KARIR |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 03:06 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15650 |