Hanum, Siti Asma (2019) Pengembangan LKS Berbasis Konflik Kognitif pada Materi Fluida untuk Meningkatkan Literasi Baru Siswa Kelas XI SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SITI_ASMA_HANUM_15033128_5663_2019.pdf [thumbnail of B1_5_SITI_ASMA_HANUM_15033128_5663_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SITI_ASMA_HANUM_15033128_5663_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Era revolusi industri 4.0 yang memandang teknologi informasi menjadibasis dalam kehidupan manusia. Pendidikan dituntut dapat meningkatkan sumberdaya manusia yang berkuliatas. Kurikulum 2013 revisi 2017 merupakan upayapemerintah untuk menjawab tuntutan era revolusi industri 4.0 yang bertujuanuntuk membentuk karakter dan kompetensi serta literasi siswa. Namun, kenyataandi lapangan menunjukkan bahwa literasi siswa belum terlaksana dengan baik.Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalahmengembangkan LKS Fisika berbasis konflik kognitif. Tujuan penelitian iniadalah untuk menentukan validitas, praktikalitas dan efektivitas terhadap LKSFisika berbasis konflik kognitif.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian DevelopmentResearch menggunakan model Plomp. Objek pada penelitian adalah LKSberbasis konflik kognitif. Sumber data hasil validasi dari tenaga ahli oleh dosenFisika FMIPA UNP, hasil kepraktisan oleh guru Fisika, serta hasil kepraktisanone to one dan small group serta efektivitas oleh siswa kelas XI SMAN 7 Padang.Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas,lembar uji praktikalitas, dan lembar uji efektivitas berupa lembar tes konsep sertalembar kinerja literasi baru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisisstatistik deskriptif untuk validasi dan kepraktisan produk serta teknik persentasedilihat perbedaan pretest dan posttest untuk mendapatkan gain tingkatpemahaman konsep siswa.Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapatdikemukakan hasil penelitian. Pertama, LKS berbasis konflik kognitif mempunyaikevalidan yang sangat kuat dengan nilai rata-rata sebesar 88.69. Kedua,penggunaan LKS berbasis konflik kognitif mempunyai kepraktisan yang sangatkuat dengan nilai rata-rata menurut guru sebesar 86.58 dan siswa tahap one to onedan small group masing-masing sebesar 82,14 dan 82,14. Ketiga, penggunaanLKS berbasis konflik kognitif pada materi fluida efektif digunakan dalam prosespembelajaran untuk meningkatkan literasi baru siswa. Jadi, dapat disimpulkanbahwa LKS berbasis konflik kognitif pada materi fluida adalah valid, praktis, danefektif dalam meningkatkan literasi baru siswa kelas XI SMA
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS BERBASIS KONFLIK KOGNITIF, LITERASI BARU SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 09:09 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 09:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15637 |