Rahmawati, Hesty (2012) Hubungan Antara Konsep Diri dengan Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Tugas – Tugas Sekolah di SMA Negeri 1 Kec. Kapur IX Kab. Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_HESTI_RAHMAWATI_12007_281_2012.pdf [thumbnail of B1_5_HESTI_RAHMAWATI_12007_281_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_HESTI_RAHMAWATI_12007_281_2012.pdf
Download (850kB)
Abstract
Keberhasilan belajar siswa di sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor . Salah satunya adalah motivasinya dalam mengerjakan tugas baik secara instrinsik maupun ekstrinsik. Motivasi siswa dalam mengerjakan tugas dipengaruhi oleh pandangan siswa tentang dirinya dalam belajar yang bersifat positif atau negatif. Konsep diri yang baik akan mempengaruhi motivasi siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana hubungan antara konsep diri dengan motivasi siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah di SMA Negeri 1 Kec. Kapur IX, Kab. Lima Puluh Kota
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yaitu mendeskripsikan konsep diri dan motivasi siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah serta melihat hubungan antara konsep diri dengan motivasi siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah di SMA Negeri 1 Kec. Kapur IX Kab. Lima Puluh Kota. Populasi penelitian berjumlah 312 orang yang terdaftar tahun ajaran 2011/2012, dengan sampel berjumlah 76 orang yang diambil dengan menggunakan ternik Stratified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tentang konsep diri dan motivasi siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik statistik untuk mencari skor mean, standar deviasi dan persentase. Untuk melihat hubungan konsep diri dengan motivasi siswa dalam mengerjakn tugas-tugas sekolah digunakan teknik Pearson Product Moment Correlation melalui program statistik SPSS for windows release 16.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) 55,56% siswa sudah memiliki konsep diri yang baik, 2) 52,63% siswa sudah memiliki motivasi dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah yang baik, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan motivasi siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah di SMA Negeri 1 Kec. Kapur IX Kab. Lima Puluh Kota dengan r hitung sebesar 0,360 pada taraf signifikansi 0,005 atau tingkat kepercayaan 95% dan r table sebesar 0,283 dengan kategori rendah. Berdasarkan temuan penelitian ini diharapkan kepada guru pembimbing dan guru mata pelajaran agar dapat membina kerjasama untuk meningkatkan konsep diri dan motivasi siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah sehingga siswa mampu mengembangkan konsep diri yang posistif dan motivasinya dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI SISWA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 09:09 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 09:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15636 |