Persepsi Siswa tentang Hubungan Muda-Mudi yang Sehat dan Bimbingan yang Diperoleh di Sekolah

Sulistiyani, Uki Dwi (2015) Persepsi Siswa tentang Hubungan Muda-Mudi yang Sehat dan Bimbingan yang Diperoleh di Sekolah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_UKI_DWI_SULISTIYANI_1100549_707_2016.pdf] Text
B1_5_UKI_DWI_SULISTIYANI_1100549_707_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ketertarikan dengan lawan jenis merupakan salah satu ciri khas yang
menonjol pada masa remaja, yang terwujud dalam hubungan muda-mudi. Di
dalam hubungan muda mudi mereka melakukan interaksi sosial yang dapat
mengembangkan kemampuan bersosialisasi. Akan tetapi fakta di lapangan
masih menunjukan interaksi sosial antar lawan jenis yang tidak sehat terbukti
dengan banyaknya kasus pergaulan bebas remaja yang menimbulkan
permasalahan, seperti siswa yang hamil di luar nikah. Oleh sebab itu,
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang
hubungan muda-mudi yang sehat dan bimbingan yang diperoleh di sekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII di SMK N 2
Tebo, Jambi yang berjumlah 592 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah
dengan Proportionate Stratified Random Sampling dan diperoleh sampel
sebanyak 88 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Data
diolah dengan menggunakan teknik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar siswa
memiliki persepsi yang positif tentang interaksi dalam hubungan muda-mudi
yang sehat, meskipun ada sebagian kecil yang mempersepsi negatif (2)
kebanyakan siswa telah mendapatkan bimbingan pribadi dan sosial tentang
hubungan muda-mudi, namun masih ada siswa yang belum mendapat
bimbingan pribadi dan sosial tentang hubungan muda-mudi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2025 09:09
Last Modified: 17 Jul 2025 09:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15635

Actions (login required)

View Item
View Item