Aisyah, Siti (2013) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII 3 dalam Pembelajaran Seni Rupa melalui Penggunaan Model Examples Non Examples di SMP Negeri 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SITI_AISYAH_12319_2510_2013.pdf [thumbnail of B1_5_SITI_AISYAH_12319_2510_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SITI_AISYAH_12319_2510_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan yang muncul adalah pada waktu memulai pelaksanaanpembelajaran masih banyak siswa yang terlihat meribut. Gejala lain yang munculadalah bila guru bertanya pada awal pembelajaran banyak siswa yang tidak dapatmenjawab, selama pembelajaran seni rupa berlangsung secara bergantian siswakeluar masuk minta izin dan saat pembelajaran seni rupa banyak siswa yangmengantuk. Selain itu selama pembelajaran seni rupa guru tidak menggunakanmetode yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahuipeningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran seni rupa denganmenggunakan model Examples Non Examples, 2) peningkatan hasil belajar siswadalam pembelajaran seni rupa dengan menggunakan model Examples NonExamples.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian inidilaksanakan pada siswa kelas VII3 SMP Negeri 12 Padang, waktu pelaksanaan 6November sampai 27 November 2012. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, teknikpengumpulan data dengan observasi, catatan lapangan, angket dan hasil belajar.Teknik analisis data menggunakan rumus persentase motivasi belajar, rata-ratahasil belajar, uji t dan pengolahan data menggunakan computer dengan bantuanprogram SPSS versi 19.Rata-rata yang diperoleh dari hasil persentase motivasi belajar siswasebesar 3,25. Terjadi peningkatan pada siklus II, rata-rata yang diperoleh daripersentase motivasi belajar siswa yaitu 4,01. Terlihat sudah terjadi peningkatandari siklus I ke Siklus II pada pembelajaran menggambar bentuk denganmenggunakan model Examples Non Examples.Rata-rata yang diperoleh pada nilai pra siklus yaitu 64,24 terjadipeningkatan pada siklus I yaitu 72,24. Namun masih belum mencapai KKM 80sehingga dilanjutkan pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 84,14tindakan dihentikan sampai siklus II karena sudah mencapai KKM. Terlihat sudahterjadi peningkatan dari pra siklus ke siklus I dan siklus II pada pembelajaranmenggambar bentuk dengan menggunakan model Examples Non Examples. Halini terlihat kesamaan peningkatan motivasi dengan hasil belajar siswa. Saran yangdapat diberikan dalam penelitian ini adalah Bagi siswa diharapkan lebihmeningkatkan motivasi terutama dalam pembelajaran menggambar bentuk,dengan aktifnya siswa dalam proses pembelajaran maka penguasaan terhadapmateri pelajaran dapat ditingkatkan. Bagi guru dapat dijadikan pedoman dalammenerapkan model Examples Non Examples dalam proses pembelajaran,sertauntuk dijadikan salah satu referensi dalam pengembangan metode pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI, HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN SENI RUPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 09:08 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 09:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15631 |