Hubungan Persepsi tentang Pendidikan dengan Hasil Belajar Siswa SMP PGRI 2 Padang serta Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling: Penelitian terhadap Siswa SMP PGRI 2 Padang

Mirawati, Herwena (2012) Hubungan Persepsi tentang Pendidikan dengan Hasil Belajar Siswa SMP PGRI 2 Padang serta Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling: Penelitian terhadap Siswa SMP PGRI 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HERWENA_MIRAWATI_88018_3823_2012.pdf] Text
B1_5_HERWENA_MIRAWATI_88018_3823_2012.pdf

Download (357kB)

Abstract

Persepsi penting dimiliki oleh siswa terutama persepsi tentang pendidikan
yaitu mengenai tujuan, fungsi, pentingnya pendidikan yang diperantarai oleh
kegiatan belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Siswa yang
memiliki persepsi yang bagus tentang pendidikan, akan mendapatkan hasil belajar
yang bagus, namun sebaliknya apabila persepsi siswa tentang pendidikan itu tidak
bagus, maka hasil belajar siswa juga tidak bagus. Berdasarkan kenyataan yang
ditemui di SMP PGRI 2 Padang persepsi siswa tentang pendidikan masih kurang
bagus yang mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi kurang bagus juga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) Persepsi tentang Pendidikan 2)
Hasil belajar 3) Mengetahui dan menguji apakah terdapat hubungan persepsi
tentang pendidikan dengan hasil belajar siswa SMP PGRI 2 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yang bertujuan
untuk menggambarkan suatu keadaan hubungan persepsi tentang pendidikan
dengan hasil belajar siswa SMP PGRI 2 Padang. Subjek penelitian ini adalah
seluruh siswa SMP PGRI 2 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012
sebanyak 60 orang. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan data hasil belajar
yaitu hasil rapor siswa untuk seluruh mata pelajaran kelas VII, VIII dan IX tahun
ajaran 2011/2012. Data diolah dengan secara manual dan menggunakan program
komputer Statiscal Product and Service Solution (SPSS) versi 15.00.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara rata-rata persepsi siswa
tentang pendidikan mengenai: 1) tujuan pendidikan dikategorikan baik, 2) fungsi
pendidikan dikategorikan baik, 3) pentingnya pendidikan dikategorikan baik 4)
diperantarai oleh kegiatan belajar dikategorikan baik, 5) terdapat hubungan yang
signifikan persepsi tentang pendidikan dengan hasil belajar siswa SMP PGRI 2
Padang dengan r hitung sebesar 0,519 pada taraf signifikansi 0,01 dan r tabel
sebesar 0,254, dengan tingkat hubungan cukup kuat.
Berdasarkan hasil penelitian, bagi guru BK diharapkan mampu
meningkatkan untuk mempersiapkan siswanya dengan memberikan pemahaman
berupa materi tentang informasi persepsi siswa tentang pendidikan mengenai
fungsi, pentingnya pendidikan yang diperantarai oleh kegiatan belajar yang
semuanya berguna bagi siswa sehingga bisa meningkatkan hasil belajar siswa.
Bagi kepala sekolah, agar mempertahankan untuk memperhatikan dan
memberikan kebijakan kepada guru BK dalam pelaksanaan program BK di
sekolah, terutama mengenai informasi-informasi yang berkaitan dengan persepsi
siswa tentang pendidikan, sehingga menambah wawasan yang dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2025 09:08
Last Modified: 17 Jul 2025 09:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15630

Actions (login required)

View Item
View Item