Yunita, Ilma (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas VI SDN 17 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_ILMA_YUNITA_57111_3676_2013.pdf [thumbnail of B1_6_ILMA_YUNITA_57111_3676_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_ILMA_YUNITA_57111_3676_2013.pdf
Download (601kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang diperoleh bahwa kemampuan membaca intensif siswa masih rendah, siswa belum mampu menemukan kalimat utama pada tiap paragraf, membuat ringkasan, menjawab pertanyaan dan menceritakan kembali isi bacaan. Penyebabnya adalah guru belum optimal membimbing siswa saat pembelajaran membaca intensif. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan model CIRC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara peningkatan kemapuan membaca intensif dengan menggunakan model CIRC pada siswa kelas VI SDN 17 Pasaman pada tahap prabaca, saat baca dan pascabaca. Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas VI SDN 17 Pasaman yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data yang dikumpulkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang meliputi tahap prabaca, saat baca dan pascabaca. Hasil penelitian siklus I dari aspek guru pada tahap prabaca 75% dengan kriteria baik, tahap saat baca 70% dengan kriteria baik, tahap pascabaca 62,5% dengan kriteria cukup dan dari aspek siswa tahap prabaca 66,7% dengan kriteria cukup, tahap saat baca 65% dengan kriteria cukup, tahap pascabaca 62,5% dengan kriteria cukup. Rata-rata kelas yang dicapai siswa 67,3% masih kriteria cukup. Sedangkan pada siklus II dari aspek guru pada tahap prabaca 91,7% dengan kriteria sangat baik, tahap saat baca 85% dengan kriteria sangat baik, tahap pascabaca 87,5% dengan kriteria sangat baik dan dari aspek siswa tahap prabaca 75% dengan kriteria baik, tahap saat baca 85% dengan kriteria sangat baik, tahap pascabaca 87,5% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata kelas yang dicapai siswa 88,5% dengan kriteria sangat baik karena proses pembelajaran telah disesuaikan dengan langkah-langkah CIRC. Dengan demikian model kooperatif tipe CIRC telah dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN EMBACA INTENSIF, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 09:08 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 09:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15629 |