Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Ruang dengan Pendekatan Belajar Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di Kelas IV SDN 05 Kayu Pasak Palembayan

Wahyudi, Ilki (2014) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Bangun Ruang dengan Pendekatan Belajar Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di Kelas IV SDN 05 Kayu Pasak Palembayan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_ILKI_WAHYUDI_59436_1891_2014.pdf] Text
B1_6_ILKI_WAHYUDI_59436_1891_2014.pdf

Download (653kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 05 Kayu Pasak bahwa dalam mengikuti pelajaran sifat-sifat bangun ruang tergambarlah beberapa permasalahan seperti: (1) Guru menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan pendekatan TAI, (2) Siswa masih belajar secara individu, (3) Siswa belum melakukan diskusi dalam memecahkan permasalahan yang didapat masing- masing individu, (4) siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar sifat-sifat bangun ruang di kelas IV SDN 05 Kayu Pasak Palembayan dengan Pendekatan belajar kooperatif tipe TAI. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan tiga kali pertemuan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 05 Kayu Pasak Palembayan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar sifat-sifat bangun ruang pada kelas IV SDN 05 Kayu Pasak Palembayan. Pada siklus I rata-rata penilaian RPP 74,50%, rata-rata penilaian aspek guru73,75%, dan rata-rata penilaian aspek siswa 73,75%, Rata-rata penilaian hasil belajar siklus I yaitu 70,52. Siklus II rata-rata penilaian RPP 92,85%, rata-rata penilaian aspek guru 92,50% , dan rata-rata penilian aspek siswa 92,50%, rata-rata penilaian hasil belajar siklus II yaitu 82.85. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan belajar kooperatif tipe TAI maka pembelajaran sifat-sifat bagun ruang dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG PENDEKATAN BELAJAR KOOPERATIF TIPE TEAM, ASSISTED INDIVIDUALIZATION
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 17 Jul 2025 09:08
Last Modified: 17 Jul 2025 09:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15625

Actions (login required)

View Item
View Item