Permana, Donny (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_DONNY_PERMANA_15016006_5786_2019.pdf [thumbnail of B1_01_DONNY_PERMANA_15016006_5786_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_DONNY_PERMANA_15016006_5786_2019.pdf
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan
menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Kedua,
mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri
25 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca
pemahaman terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP
Negeri 25 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain
yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian
ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang yang terdaftar pada tahun
ajaran 2019/2020, yaitu sebanyak 256 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini
ditentukan dengan proportional random sampling 25% dari populasi, yaitu 64
orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca
pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Data tersebut
diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan
membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis
teks deskripsi.
Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi
siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan
nilai rata-rata 76,22. Kedua, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII
SMP Negeri 25 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan
rata-rata 75,86. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman
terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25
Padang sebesar 42,12%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa
keterampilan membaca pemahaman berkontribusi terhadap keterampilan menulis
teks deskripsi. Keterampilan membaca siswa ditingkatkan dengan membaca
pemahaman teks deskripsi dan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks
deskripsi juga perlu ditingkatkan keterampilan membaca pemahaman teks
deskripsi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 01:09 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 01:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1562 |