Efektivitas Penggunaan Media Film dalam Layanan Informasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Wulandari, Herma (2021) Efektivitas Penggunaan Media Film dalam Layanan Informasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_HERMA_WULANDARI_17006143_243_2022.pdf] Text
B1_5_HERMA_WULANDARI_17006143_243_2022.pdf

Download (6MB)

Abstract

Motivasi merupakan suatu hal yang penting dalam mempengaruhi kegiatan yang dilakukan oleh siswa. Motivasi terjadi apabila siswa mempunyai keinginan dan kemauan untuk melakukan suatu kegiatan atau tindakan dalam mencapai tujuan tertentu. Sementara itu, masih ada siswa tidak tekun menghadapi tugas terlihat dari kebiasaan belajar siswa, siswa tidak mempunyai hasrat untuk belajar, selama proses pembelajaran berlangsung siswa lebih banyak diam dan tidak memberikan respon positif, serta rendanya motivasi siswa untuk mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru BK untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu melalui layanan informasi. Namun pada kenyataannya, upaya yang diberikan oleh guru BK secara konvensional belum mencapai sasaran sesuai yang diharapkan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film dalam layanan informasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment menggunakan model The Non Equivalent Countrol Group. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX.1 dan IX.2 SMPN 16 Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, kemudian dianalisis dengan teknik Paired Sampel t-test dan Independent Sampel t-test menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan media film, (2) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi tanpa media film, (3) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa antara kelompok eksperimen yang mengikuti layanan informasi dengan media film dan motivasi belajar siswa kelompok kontrol yang mengikuti layanan informasi tanpa media film. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media film salah satunya dalam layanan informasi efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pelaksanaan layanan informasi salah satunya menggunakan media film.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LAYANAN INFORMASI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 17 Jul 2025 09:07
Last Modified: 17 Jul 2025 09:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15616

Actions (login required)

View Item
View Item