Alwi, Siska Fitri (2015) Penerapan Metode Permainan KOKAMI Berdasarkan LKPD Scientific dalam Model Quantum Learning terhadap Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SISKA_FITRI_ALWI_57843_4877_2015.pdf [thumbnail of B1_5_SISKA_FITRI_ALWI_57843_4877_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SISKA_FITRI_ALWI_57843_4877_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih sedikitnya bahan ajar berorientasipendekatan scientific termasuk LKPD dan metode pembelajaran yang kurangmenarik saat ini, termasuk di SMPN 31 Padang. Perubahan kurikulum menuntutguru untuk mampu mendayagunakan keseluruhan potensi peserta didik dalambelajar, sehingga pembelajaran terpusat pada peserta didik. Salah satu pendekatanyang berkaitan dengan tuntutan tersebut adalah pendekatan scientific,agarpembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik diperlukan bahan ajar, model danmetode yang mendukung proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuanuntuk menyelidiki pengaruh Penerapan Metode Permainan KOKAMI berdasarkanLKPD Scientific dalam Model Quantum learning terhadap Kompetensi IPAPeserta Didik Kelas VII SMPN 31 Padang.Jenis penelitian ini adalah “quasi eksperimen” dengan rancangan“randomized control group only design”. Populasi penelitian ini adalah Pesertadidik kelas VII SMPN 31 Padang yang terdaftar pada semester 2 tahun ajaran2014/2015. Sampling dilakukan dengan teknik purposive sampling. Datapenelitian meliputi tiga kompetensi yaitu kompetensi pengetahuan, sikap, danketerampilan. Instrumen penelitian berupa tes tertulis untuk kompetensipengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap, dan rubrik penskoranuntuk penilaian unjuk kerja kompetensi keterampilan. Analisis data untukkompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan dilakukan dengan uji kesamaandua rata-rata. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas yang telah dilakukanmaka uji kesamaan dua rata-rata yang sesuai adalah uji t untuk kompetensipengetahuan dan keterampilan serta uji t‟ untuk kompetensi sikap.Analisis data kompetensi pengetahuan diperoleh rata-rata kelaseksperimen 83,67 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 78,25. Kompetensi sikapdidapatkan rata-rata kelas eksperimen 83 dan kelas kontrol 79 sedangkan padakompetensi keterampilan, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 79,9 lebih tinggidibandingkan rata-rata kelas kontrol 59,6. Analisis uji kesamaan rata-rata yangdilakukan yaitu uji t untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan, uji t‟ untukkompetensi sikap. Pada kompetensi sikap diperoleh t‟ = 2,994 < w1t1+w2t2/w1w2=3,951, pada kompetensi pengetahuan th = 2,65 > tt = 1,9994, dan pada kompetensiketerampilan th = 4,522 > tt = 1,9994. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalampenelitian ini terdapat perbedaan yang berarti penerapan Metode PermainanKOKAMI Berdasarkan LKPD Scientific dalam Model Quantum LearningTerhadap Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 31 Padang untukkompetensi pengetahuan dan keterampilan diterima, namun untuk kompetensisikap ditolak pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERMAINAN KOKAMI, MODEL QUANTUM LEARNING, KOMPETENSI IPA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:00 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15611 |