Yuzana, Siska (2012) Kontribusi Disiplin dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Instalasi Sound System Jurusan TAV SMKN 1 Tanjung Raya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SISKA YUZANA_00576_2012_4853.pdf [thumbnail of B1_5_SISKA YUZANA_00576_2012_4853.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SISKA YUZANA_00576_2012_4853.pdf
Download (688kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa TAVdalam Mata Pelajaran Instalasi Sound System, dimana sekitar 28% siswa mendapatnilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untukmengungkapkan Kontribusi Disiplin dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil BelajarSiswa pada Mata Pelajaran Instalasi Sound System Jurusan TAV. Hipotesis yangdiajukan dalam penelitian ini adalah 1) terdapat kontribusi disiplin belajar terhadaphasil belajar, 2) terdapat kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar, 3) terdapatkontribusi disiplin dan minat belajar secara bersama – sama terhadap hasil belajarsiswa. Penelitian ini melibatkan 37 responden siswa jurusan TAV SMKN 1 TanjungRaya.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional stratifiedrandom sampling. Data hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran Instalasi SoundSystem, data ini merupakan cerminan hasil belajar dalam mata pelajaran InstalasiSound System. Sedangkan data disiplin dan minat belajar dikumpulkan melalui angketdengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik untuk analisis korelasi.Hasil analisis data menunjukkan : 1) Disiplin Belajar memberikan kontribusisebesar 47,47% terhadap hasil belajar siswa, 2) Minat Belajar siswa memberikankontribusi sebesar 26,56% terhadap hasil belajar siswa, 3) Disiplin dan minat belajarsecara bersama – sama memberikan kontribusi sebesar 51,35% terhadap hasil belajarsiswa pada mata pelajaran instalasi sound system jurusan TAV SMKN 1 Tanjung Raya.Hal ini berarti bahwa disiplin dan minat belajar memberikan kontribusi terhadaphasil belajar, semakin tinggi disiplin belajar dan semakin tinggi minat belajar dalamproses belajar mengajar, maka hasil belajar akan semakin tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MINAT BELAJAR SISWA, HASIL BELAJAR, INSTALASI SOUND |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:00 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15609 |