Ningsih, Sirfida Efi (2012) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Fasilitas Sekolah, Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X dan XI IS SMA Negeri I Guguak Kabupaten 50 Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SIRFIDA_EFI_NINGSIH_1917_88669_2012.pdf [thumbnail of B1_5_SIRFIDA_EFI_NINGSIH_1917_88669_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SIRFIDA_EFI_NINGSIH_1917_88669_2012.pdf
Download (411kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh persepsi siswatentang fasilitas sekolah dan dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasibelajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IS SMAN I GuguakKabupaten 50 Kota, (2) Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas sekolah,dukungan sosial teman sebaya, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswapada mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IS SMA N I Guguak Kabupaten 50Kota, (3) Pengaruh persepsi siswa tentang fasilitas sekolah terhadap hasil belajarmelalui motivasi belajar siswa kelas X dan XI IS SMA N I Guguak Kabupaten 50Kota, (4) Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap hasil belajar melaluimotivasi belajar siswa kelas X dan XI IS SMA N I Guguak Kabupaten 50 Kota.Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Populasi penelitianini adalah seluruh siswa kelas X dan XI IS SMA N 1 Guguak Kabupaten 50 Kota.Teknik penarikan sampel dengan Random Sampling dengan jumlah sampel 82orang siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dandilanjutkan dengan analisis induktif, Uji Asumsi Klasik: Uji Normalitas, UjiHomogenitas, Uji Model (uji F), Analisis Jalur (Path Analysis), dan Uji Hipotesis,dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi siswa tentang fasilitassekolah dan dukungan sosial teman sebaya berpengaruh signifikan dan positifterhadap motivasi belajar dengan tingkat sig < α (0,000 < 0,05), (2) persepsi siswatentang fasilitas sekolah, dukungan sosial teman sebaya, dan motivasi belajarbepengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar dengan tingkat sig < α(0,000 < 0,05), (3) persepsi siswa tentang fasilitas sekolah berpengaruh signifikandan positif terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar sebesar 2,65%, (4)dukungan sosial teman sebaya berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasilbelajar melalui motivasi belajar sebesar 1,90%.Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada pihak sekolah SMA N1 Guguak Kabupaten 50 Kota untuk lebih melengkapi fasilitas sekolah dalammenunjang proses pembelajaran, dan untuk seluruh siswa agar dapat salingmendukung kearah yang lebih baik dan lebih meningkatkan motivasi dalambelajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | FASILITAS SEKOLAH, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:58 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15594 |