Pengembangan Modul Fisika Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Hukum Newton di Kelas XSMA/MA.

Sintia, Sintia (2022) Pengembangan Modul Fisika Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Hukum Newton di Kelas XSMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SINTIA_17033158_1083_2022.pdf] Text
B1_5_SINTIA_17033158_1083_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat berpikir kreatif siswa danbahan ajar yang ada belum memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Solusi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan modul pembelajaran Fisikamengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan dilakukan penelitianini adalah untuk menentukan validitas, praktikalitas dan efektivitas dari modulpembelajaran Fisika pada materi Hukum Newton kelas X SMAPenelitian yang dilakukan termasuk jenis Research And Development(R&D). Objek dari penelitian adalah Modul Fisika yang di ujicobakan kepadasiswa SMA Pertiwi 1 Padang. Instrumen data yang digunakan dalampenelitianadalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas dan lembar uji efektivitasberupa tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisisvaliditas produk, analisis kepraktisan produk, analisis efektivitas produk. Berdasarkan analisis data yang digunakan, maka diperoleh tiga hasilpenelitian yaitu pertama, modul pembelajaran Fisika memiliki validitas sebesar79,2 dengan kategori valid. Kedua, nilai praktikalitas oleh guru dan siswa, rata-rata nilai praktikalitas guru pada modul sebesar 86 dengan kategori sangatpraktis dan rata-rata praktikalitas siswa pada modul sebesar 91 dengan kategorisangat praktis. Ketiga, pada uji efektivitas diperoleh nilai thitung sebesar -25,89sedangkan nilai ttabel sebesar -1,761 dimana nilai thitung lebih kecil daripada ttabel danhipotesis diterima sehingga modul efektif digunakan untuk memfasilitasikemampuan berpikir kreatif siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa modulpembelajaran Fisika pada materi Hukum Newton yang mengintegrasikankemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA valid, praktis, dan efektifdigunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODUL FISIKA, KEMAMPUAN BERPIKIR, BERPIKIRKREATIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:46
Last Modified: 17 Jul 2025 03:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15584

Actions (login required)

View Item
View Item