Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Metode Eksperimen di kelas V SD Negeri No. 17 Kapencong Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Siska, Ilfa (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Metode Eksperimen di kelas V SD Negeri No. 17 Kapencong Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_ILFA_SISKA_95397_4441_2012.pdf] Text
B1_6_ILFA_SISKA_95397_4441_2012.pdf

Download (701kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen di kelas V SDN 17 Kapencong Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. pada tahun ajaran 2011/2012. Berdasarkan pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPA yang dilaksanakan di Kelas V SD belum optimal. Karena guru hanya memberikan hafalan berupa konsep dan guru belum sepenuhnya melibatkan siswa secara aktif, serta guru lebih cenderung menggunakan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri atas empat tindakan dalam dua siklus, penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 17 Kapencong Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Instrument penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar pencatatan lapangan Hasil Penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan di mana nilai: (a). RPP siklus I 71 kriteria baik , siklus II 89 kriteria sangat baik. (b) Aktivitas guru siklus I 66,6 kriteria cukup, aktivitas guru siklus II 91,6 kriteria sangat baik dan Aktivitas siswa siklus I 66,6 kriteria cukup, aktivitas siswa siklus II 91,6 kriteria sangat baik. (c) Hasil belajar siklus I 67,5 kriteria cukup dan Hasil belajar siklus II 85,8 kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri No. 17 Kapencong Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, METODE EKSPERIMEN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:46
Last Modified: 17 Jul 2025 03:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15580

Actions (login required)

View Item
View Item