Peningkatan Kemampuan Menyusun Paragraf dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas III SD Negeri 23 Koto Baru Maninjau

Meifira, Iksi Dela (2012) Peningkatan Kemampuan Menyusun Paragraf dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas III SD Negeri 23 Koto Baru Maninjau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_IKSI_DELA_MEIFIRA_09295_3308_2012.pdf] Text
B1_6_IKSI_DELA_MEIFIRA_09295_3308_2012.pdf

Download (772kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 23 Koto Baru Maninjau bahwa masih rendahnya kemampuan siswa untuk mengungkapkan ide mereka secara tertulis dalam bentuk paragraf. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang dilaksanakan masih bersifat konvensional. Sehingga siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran. Untuk itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme karena siswa membangun sendiri pengetahuannya melalui keterlibatan aktif dalam pembelajaran dan siswa menjadi pusat kegiatan sedangkan guru hanya sebagai fasilitator. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyusun paragraf siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui alur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 23 Koto Baru Maninjau yang berjumlah 18 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, pencatatan lapangan, tes kemampuan menulis paragraf, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dapat dilihat dari siklus 1 nilai rata-rata tahap prapenulisan 71,8, tahap penulisan 73,2, dan tahap pascapenulisan 75. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pada tahap prapenulisan 80,tahap penulisan 83,3, dan tahap pascapenulisan 81. Dari hasil pengamatan dan nilai yang diperoleh siswa terlihat peningkatan dalam proses pembelajaran menulis. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf siswa dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MENYUSUN PARAGRAF, PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:54
Last Modified: 17 Jul 2025 02:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15571

Actions (login required)

View Item
View Item