Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 7 Padang.

Rosa, Silvia (2014) Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SILVIA_ROSA_06420_961_2014.pdf] Text
B1_5_SILVIA_ROSA_06420_961_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesuksesan terlaksananya pelayanan bimbingan dan konseling di sekolahsalah satunya ditentukan oleh kompetensi profesional dari guru Bimbingan danKonseling. Kemampuan pokok yang harus dimiliki oleh seorang guru Bimbingandan Konseling ialah memahami dengan baik siswa yang diasuhnya, hal ini dapatdibantu pengungkapannya melalui asesmen-asesmen yang diberikan kepadasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi profesionalguru Bimbingan dan Konseling yang ditinjau dari menguasai konsep dan praksisasesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitianini adalah siswa SMP Negeri 7 Padang dengan sampel penelitian adalah siswakelas VIII dan IX Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 80 orang siswa.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperolehpada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentaseTemuan penelitian menunjukkan bahwa: persepsi siswa tentangkompetensi profesional guru Bimbingan dan Konseling mengenai menguasaikonsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalahsiswa diklasifikasikan dengan kategori baik.Berdasarkan temuan ini, diharapkan: guru Bimbingan dan Konseling bisamemanfaatkan hasil penelitian untuk peningkatan program pelayanan bimbingandan konseling yang lebih baik lagi, terutama mengenai penguasaan konsep danpraksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah siswa, kepalasekolah menfasilitasi pelaksanaan program-program pelayanan bimbingan dankonseling yang berkenaan dengan penguasaan konsep dan praksis asesmen untukmemahami kondisi, kebutuhan, dan masalah siswa agar layanan BK dapatterlaksana dengan baik, dan organisasi profesi BK perlu melakukan seminar,pelatihan, ataupun workshop terkait dengan kompetensi profesional guruBimbingan dan Konseling terkait dengan menguasai konsep dan praksis asesmenuntuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI PROFESIONAL, BIMBINGAN DAN KONSELING,
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:54
Last Modified: 17 Jul 2025 02:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15563

Actions (login required)

View Item
View Item