Rahmadani, Ike (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here di Kelas IV SDN 27 Gadut Kec. Tilatang Kamang Kab. Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_IKE_RAHMADANI_96312_1040_2014.pdf [thumbnail of B1_6_IKE_RAHMADANI_96312_1040_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_IKE_RAHMADANI_96312_1040_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SDN 27 Gadut Kec. Tilatang Kamang, Kab. Agam ditemui permasalahan bahwa proses pembelajaran IPS di kelas IV kebanyakan masih bersifat konvensional karena tidak ada tindakan yang melibatkan siswa dan kurang memacu siswa untuk peduli terhadap lingkungan sehingga siswa tidak dapat memecahkan masalah di lingkungan yang berhubungan dengan masalah sosial yang terjadi dimasyarakat. Permasalahan pembelajaran tersebut berdampak pada minat dan motivasi siswa untuk belajar menjadi berkurang, dan pembelajaran menjadi tidak bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 27 Gadut Kec. Tilatang Kamang Kab. Agam sebanyak 27 orang, 10 laki-laki dan 17 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) perencanaan siklus I rata-ratanya 72,9% dengan kualifikasi cukup, siklus II a rata-ratanya 91,7% dengan kualifikasi sangat baik, b) pelaksanaan siklus I aspek guru rata-ratanya 74,1% dengan kualifikasi cukup, pada siklus II rata-ratanya 90% dengan kualifikasi sangat baik dan pelaksanaan siklus I aspek siswa rata-ratanya 68,3% dengan kualifikasi cukup, pada siklus II rata-ratanya 88,5% dengan kualifikasi baik , c) hasil belajar siswa siklus I rata-ratanya 65,7%dengan kualifikasi cukup, siklus II rata-ratanya 83,2% dengan kualifikasi baik. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Everyone Is Teacher Here dapat meningkat hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 27 Gadut Kec. Tilatang Kamang Kab. Agam
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, MODEL EVERYONE IS TEACHER HERE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 01:35 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 01:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15562 |