Hortila, Silvia (2013) Pengaruh Metode Eksperimen Berbasis PAKEM terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran Fisika di Kelas X SMA Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SILVIA_HORTILA_05050_662_2013.pdf [thumbnail of B1_5_SILVIA_HORTILA_05050_662_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SILVIA_HORTILA_05050_662_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran fisika adalah hasilbelajar siswa yang masih rendah. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaranyang masih didominasi guru sebagai sumber informasi, sehingga menyebabkansiswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menerapkan metodeeksperiman berbasis PAKEM siswa diberi kesempatan untuk dapat berinteraksi,terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, berpikir untuk menemukan jawabandari permasalahan yang sedang dibahas serta mengemukakan ide/gagasan dengankreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh metode eksperimenberbasis PAKEM terhadap pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaranfisika di kelas X SMA Negeri 1 Gunung Talang Kabupaten Solok.Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan “RandomizedControl Group Only Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa padakelas X di SMA Negeri 1 Gunung Talang yang terdaftar pada tahun pelajaran2012/2013 tanpa kelas unggul. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X2 dansiswa kelas X3 yang homogen secara kognitif. Kedua kelas sampel ditentukanmelalui teknik ”cluster random sampling” sehingga terpilih kelas X2 sebagaikelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datapenelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif, pengamatan/observasi untukranah afektif dan psikomotor. Teknik analisis data melalui uji kesamaan dua ratarata yang sesuai yaitu uji t baik pada pada hasil belajar ranah kognitif maupunafektif dan psikomotor.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir kelaseksperimen adalah 75,08 sedangkan kelas kontrol 60,00. Kemudian pada ranahafektif, hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata–rata 82,35sedangkan kelas kontrol nilai rata–rata 79,48. Sedangkan pada ranah psikomotor,hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 90,53 dan kelaskontrol 82,36. Dengan menggunakan uji t maka di dapatkan harga thitung > ttabelyang berarti harga t berada di luar daerah Ho sehingga Hi diterima. Maka hipotesiskerja berbunyi ”terdapat pengaruh metode eksperimen berbasis PAKEM terhadappencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 1Gunung Talang Kabupaten Solok”. Dengan demikian metode eksperimen berbasisPAKEM dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif danpsikomotor.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METODE EKSPERIMEN, KOMPETENSI SISWA, PEMBELAJARAN FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 09:21 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 09:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15542 |