Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi Pengetahuan Secara Aktif dalam Pembelajaran Menguasai Elektronika Digital dan Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I Jurusan Teknik Elektronika SMKN 5 Padang

Muhrizan, Andri (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi Pengetahuan Secara Aktif dalam Pembelajaran Menguasai Elektronika Digital dan Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas I Jurusan Teknik Elektronika SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ANDRI_MUHRIZAN_75504_2011.pdf] Text
B1_5_ANDRI_MUHRIZAN_75504_2011.pdf

Download (284kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran Menguasai Elektronika Digital dan Komputer siswa kelas I jurusan
Teknik Elektronika SMKN 5 Padang. Hal ini terlihat masih banyak hasil belajar
siswa berada di bawah standar ketuntasan yang ditetapkan di sekolah yaitu diatas
70(Rentang 0-100). Dari banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar
diantaranya adalah strategi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan Strategi
Pembelajaran Aktif Tipe Berbagi Pengetahuan Secara Aktif. Jenis penelitian ini
adalah Eksperimen yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan
perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif
Tipe Berbagi Pengetahuan Secara Aktif (X Eksperimen) dan Pembelajaran
Konvensional (X Kontrol) terhadap hasil belajar siswa (Y). Populasi dalam
penelitian adalah siswa kelas 1 yang terdaftar di Jurusan Teknik Elektronika SMK
5 Padang TP.2010/2011 sebanyak 69 orang siswa, teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampeling karena kedua
kelas sampel memiliki hasil belajar yang hampir sama. Setelah dilakukan
pemilihan secara undi dapat ditentukan kelas IE2 sebagai kelas eksperimen dan
kelas IE1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe
berbagi pengetahuan secara aktif pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata
67,04 lebih tinggi dari pada hasil belajar kelas kontrol dengan pembelajaran
konvensional dengan nilai rata-rata 60,9

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:53
Last Modified: 16 Jul 2025 04:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15531

Actions (login required)

View Item
View Item