Silvi, Silvi (2016) Hubungan Prokrastinasi Siswa dalam Belajar dengan Stres Akademik . Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SILVI_1105608_3445_2016.pdf [thumbnail of B1_5_SILVI_1105608_3445_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SILVI_1105608_3445_2016.pdf
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi stres akademik siswa yang salahsatunya dipengaruhi oleh prokrastinasi siswa dalam belajar. Penelitian inibertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat prokrastinasi dalam belajar siswaMTsN Lubuk Buaya Padang, (2) mendeskripsikan tingkat stres akademik siswaMTsN Lubuk Buaya Padang, dan (3) melihat hubungan prokrastinasi siswa dalambelajar dan stres akademik siswa MTsN Lubuk Buaya Padang.Penelitian ini berbentuk deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalahsiswa kelas VIII4, VIII5,VIII6, yang terdaftar pada tahun 2015/2016. Jumlahsampel yaitu 79 siswa, yang diperoleh dengan teknik simple random sampling.Instrumen yang digunakan yaitu angket prokrastinasi siswa dalam belajar danstres akademik. Data dikumpulkan dengan mengadministrasikan instrumen, dandiolah melalui teknik analisis statistik deskriptif dengan bantuan programkomputer. Untuk melihat hubungan di antara kedua variabel, digunakan teknikPearson Product Moment Correlation melalui program statistik SPSS for windowsrelease 16.0.Hasil penelitian mengungkapkan (1) prokrastinasi siswa dalam belajarberada pada kategori sedang, (2) stres akademik siswa berada pada kategorisedang, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara prokrastinasi siswadalam belajar dengan stres akademik dengan perolehan 0,569 pada tarifsignifikansi 0,000. Besarnya korelasi 0,569 yang bermakna positif artinya semakintinggi prokrastinasi siswa dalam belajar maka tingkat stres akademiknyacenderung tinggi. Sebaliknya jika prokrastinasi siswa dalam belajar rendah makatingkat stres akademiknya juga rendah. Kepada guru BK diharapkan dapatmemberikan layanan mengenai motivasi belajar siswa, cara mengatur jadwalkegiatan siswa melalui berbagai jenis layanan Bimbingan dan Konseling
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BELAJAR, STRES AKADEMIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:46 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15530 |