Rahmah, Silfia (2014) Masalah-masalah yang Dialami Anak Panti Asuhan dalam Penyesuaian Diri dengan Lingkungan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SILFIA_RAHMAH_11823_719_2014.pdf [thumbnail of B1_5_SILFIA_RAHMAH_11823_719_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SILFIA_RAHMAH_11823_719_2014.pdf
Download (710kB)
Abstract
Masalah-masalah dalam penyesuaian diri sering terjadi pada remaja yangtinggal di panti asuhan, karena anak asuh tinggal di lingkungan yang baru, dengananggota keluarga, masyarakat sekitar panti, sekolah yang baru menyebabkan anakpanti sulit melakukan penyesuaian diri yang baik. Idealnya remaja yang tinggal dipanti asuhan harus mampu melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya.Kenyataannya anak asuh sering kali dihadapkan dengan permasalahan dalampenyesuaian diri dengan lingkungannya meliputi lingkungan teman sebaya danpengasuh dan masalah penyesuaian diri dengan lingkungan luar panti yaitumasyarakat sekitar panti dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan masalah-masalah yang dialami anak panti asuhan dalampenyesuaian diri dengan lingkungan panti dan lingkungan luar panti asuhan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu menggambarkan apaadanya tentang masalah-masalah yang dialami anak panti asuhan dalampenyesuaian diri dengan lingkungan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalahanak panti asuhan Muhammadiyah cabang Pauh pada tingkat pendidikan SMPsebanyak 24 orang. Data mengenai masalah yang dialami anak panti asuhandalam penyesuaian diri dengan lingkungan diperoleh melalui angket yangdiberikan kepada responden. Penilaian dari indikator penelitian menggunakanskala model Guttman yang terdiri dari dua kategori jawaban yaitu “ya” dan“tidak”. Teknik analisis yang digunakan adalah persentase.Temuan penelitian mengungkapkan: 1) Masalah yang dialami anak pantiasuhan dalam penyesuaian diri di lingkungan panti yaitu 34.78%. 2) Masalahyang dialami anak panti asuhan dalam penyesuaian diri dengan lingkungan luarpanti yaitu 36.16%. Berdasarkan temuan penelitian ini diharapkan kepada anakasuh dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan panti maupun luar panti dalamhal membina hubungan yang baik, meningkatkan solidaritas, mematuhi aturanaturan, bertanggungjawab, dan mampu menghargai sesama. Diharapkan kepadapengasuh agar program yang telah dibuat dapat membantu mengatasi danmeminimalisir masalah yang dialami anak asuh dalam penyesuaian diri dilingkungan panti dan luar panti dan diharapkan kepada guru BK agar salingbekerjasama dalam meningkatkan kemampuan anak asuh dalam penyesuian diridengan lingkungan sehingga anak asuh tidak mengalami masalah dalampenyesuaian diri.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ANAK PANTI ASUHAN, PENYESUAIAN DIRI, BIMBINGAN DAN KONSELING |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:35 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15507 |