Yahya, Sigit Alfin (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik (TKBGT) Siswa Kelas X Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SIGIT_ALFIN_YAHYA_6198_14065023_2018.pdf [thumbnail of B1_5_SIGIT_ALFIN_YAHYA_6198_14065023_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SIGIT_ALFIN_YAHYA_6198_14065023_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruhpenerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadaphasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Kerja Bengkel dan GambarTeknik siswa kelas X Teknik Mekatronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancanganquasi experimental desaign dengan desain Nonquivalent Control GroupDesaign. Sampel penelitian yaitu kelas X TM A sebagai kelas eksperimenmenggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas X TMB sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Saintific. Teknikpengumpulan data dari post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol,kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis.Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 81,73,sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 72,47. Hasil perhitunganhipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu 3,65 >2,05, karena thitung besar dari ttabel,maka hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkanbahwa, ada pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan penggunaan modelpembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Teknik KerjaBengkel dan Gambar Teknik siswa kelas X Teknik Mekatronika di SMKNegeri 1 Sumatera Barat. Maka dalam penelitian ini model pembelajaranProject Based Learning lebih berpengaruh di bandingkan dengan modelSaintific.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, TEKNIK KERJA BENGKEL |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:34 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15505 |