Putri, Ihdina Kurnia (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Pendekatan Proses Menulis bagi Siswa Kelas III SD Angkasa I Lanud Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_IHDINA_KURNIA_PUTRI_1200641_5019_2016.pdf [thumbnail of B1_6_IHDINA_KURNIA_PUTRI_1200641_5019_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_IHDINA_KURNIA_PUTRI_1200641_5019_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktifitas guru dalam proses pembelajaran yang berdampak pada keterampilan menulis narasi siswa di kelas III SD Angkasa I Lanud Padang Utara Kota Padang masih rendah. Hal ini disebabkan guru kurang mengembangkan keterampilan berfikir siswa dalam menulis dan guru kurang mengkomunikasikan hasil menulis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi dengan pendekatan Proses Menulis bagi siswa kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III dengan jumlah siswa 31 orang. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Siklus 1 dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan dua kali pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini diambil dari tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan. Hasil penelitian menujukkan peningkatan hasil menulis dari siklus 1 ke siklus 2. Hal ini dapat dilihat pada tahap prapenulisan siklus 1, hasilnya 80,1 kualifikasi baik menjadi 90,9 kualifikasi sangat baik pada siklus 2. Tahap penulisan siklus 1, hasilnya 65,74 kualifikasi cukup menjadi 80,3 kualifikasi baik pada siklus 2. Tahap pascapenulisan siklus 1, hasilnya 67 kualifikasi cukup menjadi 87 kualifikasi sangat baik pada siklus 2. Pelaksanaan pembelajaran menulis narasi dari aspek guru pada siklus 1 memperoleh presentase 75,00% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 92,5 % dengan kualifikasi baik sekali pada siklus 2, pada aspek siswa siklus 1 memperoleh presentase 75,00% dengan predikat baik meningkat menjadi 90,00% dengan kualifikasi baik sekali pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menulis narasi dengan Pendekatan Proses Menulis dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas III SD Angkasa I Lanud Padang Utara Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN MENULIS NARASI, PENDEKATAN PROSES MENULIS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:34 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15503 |