Pengembangan Modul Fisika Bermuatan Literasi Baru Materi Fluida untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 6 Padang.

Pratama, Shintya Ruci (2020) Pengembangan Modul Fisika Bermuatan Literasi Baru Materi Fluida untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA N 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SHINTYA_RUCI_PRATAMA_16033118_598_2020.pdf] Text
B1_5_SHINTYA_RUCI_PRATAMA_16033118_598_2020.pdf

Download (10MB)

Abstract

Abad 21 ditandai dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi(IPTEK) yang berkembang pesat. Kurikulum 2013 merupakan salah satu upayapemerintah untuk menjawab tantangan abad 21. Tuntutan pembelajaran dalamkurikulum 2013 adalah pembelajaran berpusat pada siswa, mengintegrasikanliterasi, dan memandirikan siswa dalam belajar. Kenyataan di sekolah integrasiliterasi baru belum terlaksana dengan baik. Solusi untuk memecahkan masalahtersebut adalah penggunaan modul fisika bermuatan literasi baru. Tujuanpenelitian ini adalah untuk menentukan validitas, kepraktisan, dan keefektifan darimodul fisika bermuatan literasi baru.Jenis penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development(R&D). Objek dari penelitian ini adalah Modul Fisika Bermuatan Literasi BaruMateri Fluida yang di uji coba terbatas pada kelas XI di SMA N 6 Padang.Sumber data dari penelitian ini adalah tenaga ahli yang meliputi dosen FisikaFMIPA UNP sebagai validator, guru fisika di SMA N 6 Padang, dengan siswakelas XI IPA 3 sebagai pengguna modul fisika. Instrumen pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian adalah: lembar angket pada uji validitas, lembarangket pada kepraktisan, lembar tes hasil belajar, lembar observasi sikap siswa,dan lembar penilaian keterampilan siswa. Teknik analisis data yang digunakanadalah analisis deskriptif dan uji perbandingan t berkorelasi.Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapatdikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, validitas modul fisika bermuatanliterasi baru materi fluida berada pada kategori baik sekali dengan rata-rata nilaivaliditas 89,35. Kedua, penggunaan modul fisika bermuatan literasi baru dalampendekatan saintifik berada pada kategori baik sekali dengan rata-rata nilaikepraktisan menurut guru dan siswa masing-masing adalah 80,48 dan 83,13.Disamping itu, penggunaan modul fisika bermuatan literasi baru adalah efektifdalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi sikap, pengetahuan,dan keterampilan siswa. Jadi, kesimpulan penelitian ini adalah kualitas dari modulfisika bermutan literasi baru pada materi fluida adalah baik sekali dalam validitas,kepraktisan, dan efektivitas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODUL FISIKA, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:13
Last Modified: 16 Jul 2025 02:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15492

Actions (login required)

View Item
View Item