Sari, Shilvia Novita (2016) Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Rupa di Kelas VIII SMPN 1 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SHILVIA_NOVITA_SARI_1106053_3964_2016.pdf [thumbnail of B1_5_SHILVIA_NOVITA_SARI_1106053_3964_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SHILVIA_NOVITA_SARI_1106053_3964_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah hasil belajar siswa dalampembelajaran seni rupa yang diajar melalui strategi pembelajaran aktif tipe indexcard match (pencocokkan kartu indeks) berbeda dengan hasil belajar siswa yangdiajar melalui strategi konvensional di kelas VIII SMPN 1 Batusangkar. Hipotesisyang diuji dalam penelitian ini adalah hasil belajar seni rupa yang diajar denganstrategi pembelajaran aktif tipe index card match berbeda secara signifikandengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni rupa yang diajar denganstrategi konvensional di kelas VIII SMPN 1 Batusangkar.Untuk menjawab permasalahan di atas penelitian ini menggunakan jenispenelitian kuantitatif eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancanganpretest-posttest control group design, dengan penentuan sampel menggunakanteknik pengambilan sampel secara acak (random sampling) pada siswa kelas VIIISMPN 1 Batusangkar. Kelas yang dipilih sebagai sampel penelitian adalah kelasVIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.9 sebagai kelas kontrol.Pengumpulan data dilakukan melalui instrument tes hasil belajar, tes yangdigunakan perlu dilihat terlebih dahulu indeks kesukaran, daya pembeda, danreliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah tahap pengolahandeskriptif, tahap pengolahan analisis induktif yang terdiri dari; uji normalitas danuji homogenitas, dan tahap pengujian hipotesis yaitu uji beda menggunakan(Independent Sampel t test).Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaranseni rupa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe index card matchberbeda dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni rupa yang diajardengan strategi pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Batusangkar.Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan bahwa nilai thitung = 3,031 dan ttabel =1,997. Hal ini berarti t hitung > t tabel, maka Ho ditolak, artinya rata-rata (mean) nilaikelas eksperimen dan kelas kontrol adalah tidak identik atau berbeda.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaanstrategi pembelajaran aktif tipe index card match berpengaruh positif terhadappeningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni rupa di kelas VIII SMPN1 Batusangkar. Oleh karena itu disarankan agar guru-guru khususnya guru yangmengajarkan mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa menggunakan strategipembelajaran aktif tipe index card match dalam pembelajarannya karena dapatmeningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN AKTIF, HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 01:39 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 01:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15484 |