Idawati, Idawati (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 35 Pasar Durian Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_IDAWATI_95282_2392_2014.pdf [thumbnail of B1_6_IDAWATI_95282_2392_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_IDAWATI_95282_2392_2014.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa karena guru masih menggunakan metode konvesional, belum menggunakan metode konstruktivisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan pendekatan konstruktivisme di kelas V SDN 35 Pasar Durian Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan empat kali pertemuan. Instrumen penelitian adalah lembaran observasi dan tes. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 35 Pasar Durian 35 Pasar Durian Kabupaten agam. Penelitian ini mewujudkan adanya peningkatan. Peningkatan dapat dilihat pada: a) Penilaian perencanaan yakni RPP pada Siklus I memperoleh persentase perolehan nilai 69 (Cukup) meningkat menjadi 87,5 (Sangat Baik) pada Siklus II, b) Pelaksanaan Pembelajaran Aspek Guru Siklus I memperoleh persentase perolehan nilai 67,5 (Cukup) meningkat menjadi 82,5 (Sangat Baik) pada Siklus II, pada Aspek Siswa Siklus I memperoleh persentase perolehan nilai 65 (Cukup) meningkat menjadi 80 (Sangat Baik) pada Siklus II, c) Hasil Belajar Pada Siklus I adalah 67,88 (Cukup) meningkat menjadi 82,20 pada Siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dikelas V SDN 35 Pasar Durian Kabupaten Agam
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 09:05 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 09:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15481 |