Fitriana, Sheila (2012) Pengaruh Penggunaan Handout berbasis Mind Map dalam Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP N 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SHEILA FITRIANA_86283.pdf [thumbnail of B1_5_SHEILA FITRIANA_86283.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SHEILA FITRIANA_86283.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di sekolah bahwa hasil belajarfisika siswa masih rendah dan belum maksimalnya pemahaman konsep dan prinsipprinsip fisika. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah penggunaan handoutberbasis mind map dalam model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untukmelihat pengaruh penggunaan handout berbasis mind map dalam model pembelajaraninkuiri terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP N 2 Padang.Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini menggunakanrancangan Randomize Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswakelas VIII SMP N 2 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2011/2012. Teknikpengambilan sampel adalah cluster random sampling. Data dalam penelitian adalahhasil belajar aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor. Instrumen penelitianadalah tes objektif untuk hasil belajar aspek kognitif dan lembar observasi hasil belajaraspek afektif dan aspek psikomotor. Untuk menguji hipotesis digunakan uji kesamaandua rata-rata yaitu uji t pada taraf nyata 0,05.Hasil penelitian menemukan hasil belajar siswa rata-rata di kelas eksperimenpada aspek kognitif adalah 81,2; pada aspek afektif adalah 69,5 dan pada aspekpsikomotor adalah 70,31. Sedangkan hasil belajar siswa rata-rata di kelas kontrol padaaspek kognitif adalah 76,66; pada aspek afektif adalah 61 dan pada aspek psikomotoradalah 61,8. Setelah dilakukan uji hipotesis didapatkan thitung pada aspek kognitifadalah 2,88, thitung pada aspek afektif adalah 2.52, thitung pada aspek psikomotoradalah 2,19, ttabel dengan dk 58 adalah 1,68 dan diperoleh thitung > ttabel. Oleh karena ituhipotesis yang menyatakan hasil belajar kelas eksperimen dengan penggunaan handoutberbasis mind map dalam model pembelajaran inkuiri lebih besar dari kelas kontrolpada siswa kelas VIII SMP N 2 Padang dan dapat diterima pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENGGUNAAN HANDOUT, MODEL PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN INKUIRI,HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 09:04 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 09:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15475 |