Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle di Kelas V SDN 04 Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Royani, Ida (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle di Kelas V SDN 04 Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_IDA_ROYANI_58373_6683_2012.pdf] Text
B1_6_IDA_ROYANI_58373_6683_2012.pdf

Download (431kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas V SDN 04 Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat menunjukkan bahwa pembelajaran IPS masih dilaksanakan secara konvensional dimana guru masih mempergunakan media pembelajaran yang terbatas pada buku teks dan penilaian pembelajaran hanya pada ranah kognitif. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperolehnya rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan dan penilaian IPS dengan pendekatan Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012 di SDN 04 Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat dengan subjek penelitian adalah guru, peneliti, dan seluruh peserta didik kelas V SD terteliti. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan hasil tes. Hasil analisis data penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Hal ini terlihat dari (1) Hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif terjadi peningkatan 17% dari nilai rata-rata 58 pada siklus I menjadi 75 pada siklus II, (2) pada ranah afektif meningkat 12% dari nilai rata-rata 64 pada siklus I menjadi 76 pada siklus II dan (3) pada ranah psikomotor meningkat 8% dari nilai rata-rata 69 pada siklus I menjadi 77 pada siklus II. Melihat hasil penelitian ini, maka penelitian tindakan kelas dengan pendekatan Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle pada pembelajaran IPS perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang

Item Type: Thesis (Diploma/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, DALAM PENKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE ( IOC )
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 15 Jul 2025 09:04
Last Modified: 15 Jul 2025 09:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15474

Actions (login required)

View Item
View Item