Nursanti, Ida (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Metode Bermain Peran Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Air Camar Kec. Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_IDA_NURSANTI_90364_2012.pdf [thumbnail of B1_6_IDA_NURSANTI_90364_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_IDA_NURSANTI_90364_2012.pdf
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran masih bersifat monoton dan pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa kurang berkembang dengan baik, sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan metoda bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 20 Air Camar Kec. Padang Timur Kota Padang. Pengumpulan data dilaksanakan dengan melakukan observasi, wawancara tes dan pengamatan melalui lembar pengamatan aspek guru dan siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes dan diskusi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran matematika melalui metode bermain peran bagi siswa kelas IV SD Negeri 20 Air Camar Kec. Padang Timur Kota Padang.. Subjek peneliti terdiri dari siswa kelas IV SDN 20 Air Camar yang berjumlah sebanyak 20 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Metoda bermain peran merupakan pembelajaran yang diupayakan agar dapat membina interaksi antara siswa sehingga kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor siswa dapat dikembangkan dengan baik. Metoda bermain peran ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metoda bermain peran dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri 20 Air Camar Kec. Padang Timur Kota Padang . Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh siswa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa 62,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh yaitu 81,0%
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR IPS, METODE BERMAIN PERAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 09:04 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 09:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15471 |