Muniwastia, Ice (2012) Peningkatan Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Pakan Labuah Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_ICE_MUNIWASTIA_09358_133_2013.pdf [thumbnail of B1_6_ICE_MUNIWASTIA_09358_133_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_ICE_MUNIWASTIA_09358_133_2013.pdf
Download (286kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kesempatan siswa untuk mengeluarkan ide dan pendapat mereka dalam kelompok-kelompok belajar sehingga siswa terlihat kurang aktif dalam belajar. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan pembelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N 03 Pakan Labuah Kota Bukittinggi yang berjumlah 25 orang, terdiri atas 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2010/2011 selama 4 minggu, sesuai dengan program semester yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tindakan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, pengamatan dan catatan lapangan. Instrumen penilaian berupa tes hasil belajar, dan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hasil penilaian RPP Siklus I adalah 76, pengamatan guru siklus I rata-rata 6.85 dengan persentase 68%, kegiatan siswa siklus I rata-rata 6.47 dengan persentase 65%, sedangkan hasil pembelajaran aspek kognitif, afektif dan psikomotor siklus I diperoleh rata-rata 6.98 dengan persentase 70%. Hasil penilaian RPP Siklus II adalah 90, pengamatan guru siklus II rata-rata 9.43 dengan persentase 94%, kegiatan siswa siklus II rata-rata 9.24 dengan persentase 92%, sedangkan hasil pembelajaran aspek kognitif, afektif dan psikomotor siklus II diperoleh rata-rata 8.56 dengan persentase 86 %
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN IPA, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 09:03 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 09:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15468 |