Kontrol Diri Siswa dalam Hubungan Sosial di Sekolah dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling.

Astria, Fitri (2014) Kontrol Diri Siswa dalam Hubungan Sosial di Sekolah dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FITRI_ASTRIA_11854_4085_2014.pdf] Text
B1_5_FITRI_ASTRIA_11854_4085_2014.pdf

Download (897kB)

Abstract

Periode remaja adalah periode yang banyak mengalami perubahan baik fisikmaupun psikis. Perubahan tersebut memberikan dampak pada tingkah laku remajasehari-hari khusunya sebagai siswa dalam hubungan sosial di sekolah. Untukmeminimalisir terjadinya tingkah laku yang tidak sesuai dengan aturan atau normadibutuhkan kontrol diri. Kontrol diri akan membuat siswa lebih teratur dan terkendalidalam melakukan berbagai hal khususnya dalam membina hubungan sosial dilingkungan sekolah. Fakta di lapangan berdasarkan hasil observasi dan wawancarayang dilakukan di SMK N 1 Solok, ditemukan bahwa masih adanya siswa yangkurang mampu mengontrol dirinya dalam menjalin hubungan sosial di sekolah,.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kontrol diri siswa dalamhubungan sosial di sekolah dan implikasinya terhadap layanan Bimbingan danKonseling.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasinyaberjumlah 1297 siswa. Penentuan besar sampel menggunakan rumus Taro Yamanedan didapatkan besar sampel yaitu 93 orang siswa. Kemudian untuk menentukansampel untuk masing-masing tingkatan kelas digunakan teknik proportional randomsampling. Selanjutnya untuk menentukan siswa akan diambil menjadi sampeldigunakan teknik simple random sampling. Data penelitian dikumpulkan denganmenggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase.Hasil penelitian ini mengungkapkan sebagian besar siswa (58,06%,) memilikikontrol diri dalam hubungan sosial di sekolah yang terkategori tinggi. Namun masihada siswa yang kontrol dirinya terkategori sedang 25,96% dan yang terkategorirendah 15,93%. Jadi dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa telah memilikikontrol diri dalam hubungan sosial di sekolah yang terkategori tinggi, namun masihada siswa yang kontrol dirinya terkategori sedang dan rendah. Diharapkan kepadasiswa SMK N 1 Solok yang telah memiliki kontrol diri yang terkategori tinggi agarterus mempertahankan kualitas kontrol dirinya dan bagi yang memiliki kontrol dirisedang dan rendah agar meningkatkan kualitas kontrol dirinya khususnya dalamhubungan so

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KONTROL DIRI SISWA, HUBUNGAN SOSIAL, LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 15 Jul 2025 09:03
Last Modified: 15 Jul 2025 09:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15464

Actions (login required)

View Item
View Item