Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi PBL dengan Ekspositori dalam Pembelajaran IPA Fisika Kelas VIII SMP N 15 Padang.

Yeni, Fitra (2014) Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi PBL dengan Ekspositori dalam Pembelajaran IPA Fisika Kelas VIII SMP N 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FITRA_YENI_96888_964_2014.pdf] Text
B1_5_FITRA_YENI_96888_964_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum optimalnya hasil belajar siswa,guru telah menggunakan berbagai strategi dan pendekatan, dengan harapan dapatmeningkatkan hasil belajar siswa. Berbagai strategi yang telah diterapkan olehguru supaya pembelajaran IPA Fisika menjadi lebih menyenangkan, diantarasrategi Ekspositori dan strategi PBL, yang sering dipakai guru adalah strategiEkspositori. Strategi Ekspositori merupakan pembelajaran yang disampaikansecara langsung oleh guru, sedangkan strategi PBL pembelajaran di kelas diawaliberdasarkan masalah sehingga siswa dirangsang untuk berfikir serta lebih percayadiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswamenggunakan strategi PBL dengan strategi Ekspositori pada mata pelajaran IPAFisika Kelas VIII SMP N 15 Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimental research denganmodel rancangan randomized control group posttest only design. Populasipenelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 15 Padang. Pengambilan sampeldilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data ranahkognitif dalam bentuk tes hasil belajar dan format observasi untuk hasil belajarranah afektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaandua rata-rata.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan rata-rata hasilbelajar fisika siswa ranah kognitif pada kelas eksperimen 1 = 90,97 pada kelaseksperimen 2 = 86,71, ranah afektif pada kelas eksperimen 1 adalah 62,87 padakelas eksperimen 2 adalah 52,39. Dengan uji kesamaan dua rata-rata, ranahkognitif dan afektif menggunakan uji t, diperoleh th berada di luar daerahpenerimaan H0, dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi “Terdapatperbedaan hasil belajar yang berarti antara penggunaan strategi PBL denganstategi ekspositori dalam pembelajaran IPA Fisika kelas VIII SMP N 15 Padang”,dapat diterima pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPA, EKSPOSITORI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 15 Jul 2025 05:27
Last Modified: 15 Jul 2025 05:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15459

Actions (login required)

View Item
View Item