Penerapan Bahan Ajar Terintegrasi Nilai Karakter Dalam Model Pembelajaran Advance Organizer Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang

Rahayu, Aldila (2014) Penerapan Bahan Ajar Terintegrasi Nilai Karakter Dalam Model Pembelajaran Advance Organizer Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ALDILA_RAHAYU_54917_3261_2014.pdf] Text
B1_5_ALDILA_RAHAYU_54917_3261_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan nasional adalah untuk menciptakan Sumber
Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, baik intelegensinya maupun karakternya.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang ditegaskan dalam Kurikulum
2013 memberi kebebasan kepada sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan
nasional sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah. Dalam hal ini yang paling
berperan penting adalah guru. Guru dituntut untuk mampu mengembangkan
perangkat pembelajaran sendiri, salah satunya adalah bahan ajar. Sesuai dengan
tuntutan pendidikan karakter maka saat ini dibutuhkan bahan ajar yang bisa
membantu guru menanamkan nilai karakter-karakter kepada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan bahan ajar yang
terintegrasi nilai karakter dalam model pembelajaran advance organizer terhadap
siswa kelas X SMA N 2 Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian
adalah semua siswa pada kelas X di SMA N 2 Padang yang terdaftar pada tahun
ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik Clauster
Random Sampling, sampel yang didapat adalah kelas X-IPA.1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X-IPA.4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
untuk ranah kognitif adalah tes tertulis sedangkan untuk ranah afektif, dan
psikomotor adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
menggunakan uji t untuk ranah kognitif dan psikomotor, sedangkan afektif
menggunakan data deskriptif dengan bantuan grafik.
Hasil penelitian yang diperoleh: 1) untuk ranah kognitif nilai thitung = 2,17
sedangkan ttabel = 1,67 ( berada pada daerah penolakam H0 sehingga Hi diterima ).
2) untuk ranah psikomotor nilai thitung = 6,42 sedangkan ttabel = 1,67 ( berada pada
daerah penolakam H0 sehingga Hi diterima ). Untuk ranah afektif diperoleh nilai
rata-rata karakter 80. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hipotesis yang
diajukan ”Terdapat pengaruh yang berarti penerapan bahan ajar terintegrasi nilai
karakter dalam model pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar
siswa kelas X SMA N 2 Padang” dapat diterima pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 15 Jul 2025 05:26
Last Modified: 15 Jul 2025 05:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15456

Actions (login required)

View Item
View Item