Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SDN 09 Simpang Tanjung Nan IV Kabupaten Solok

Aida, Husnal (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SDN 09 Simpang Tanjung Nan IV Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HUSNAL AIDA_09968_2816_2012.pdf] Text
B1_6_HUSNAL AIDA_09968_2816_2012.pdf

Download (352kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di SDN 09 Simpang Tanjung Nan IV Kabupaten Solok, masih belum maksimal. Hal ini disebabkan karena guru mengajarkan PKn masih dengan cara konvensional, pembelajaran terfokus pada guru sehingga siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan metode bermain peran di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 09 Simpang Tanjung Nan IV Kabupaten Solok. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan lembar penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran. Hal ini dapat dilihat dari lembaran pengamatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I rata-rata 71, sedangkan penilaian pada aspek guru siklus I yaitu 70,5, sedangkan pengamatan pada aspek siswa siklus I yaitu 68. Sedangkan siklus II sudah terjadi peningkatan yang mana penilaian terhadap lembar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 87, sedangkan pada aspek guru juga terjadi peningkatan 86, sedangkan penilaian pada aspek siswa juga terjadi peningkatan yaitu 81. Dilihat dari hasil belajar siswa nilai rata-rata siswa siklus I 67, dengan persentase keberhasilan 31 %. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 76, dengan peresentase ketuntasan siswa 88%. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas ini dapat meningkat dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode bermain peran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, METODE BERMAIN PERAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 15 Jul 2025 05:25
Last Modified: 15 Jul 2025 05:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15447

Actions (login required)

View Item
View Item