Huda, Ainul (2013) Pengaruh Penggunaan Handout IPA-Fisika Berbasis Science Technology and Society (STS) Pada Pencapaian Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Canduang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_AINUL_HUDA_12726_5517_2013.pdf [thumbnail of B1_5_AINUL_HUDA_12726_5517_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_AINUL_HUDA_12726_5517_2013.pdf
Download (807kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar IPA-Fisika siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal yang diduga mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa adalah bahan ajar, media dan metode pembelajaran. Hal ini mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Pemahaman IPA-Fisika dapat ditingkatkan dengan mengintegrasikan dan mengaplikasikan IPTEK menggunakan pendekatan Science Technology and Society. Oleh sebab itu dapat digunakan handout IPA-Fisika berbasis Science Technology and Society (STS) yang dapat membantu siswa dalam memahami materi IPA-Fisika. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan “Randomized Control Group Only Design”. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Canduang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data mencakup ketiga ranah penilaian, yaitu ranah kognitif dalam bentuk tes tulis, ranah afektif dalam bentuk lembar observasi aktivitas siswa, dan ranah psikomotor dalam bentuk rubrik penskoran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan data penilaian hasil belajar fisika siswa pada tiga ranah. Pada Ranah kognitif diperoleh nilai thitung sebesar 2,35 dan ttabel sebesar 2,02. Ranah afektif diperoleh nilai thitung sebesar 2,03 dan ttabel 2,02. Begitu juga dengan ranah psikomotor diperoleh nilai thitung sebesar 2,38 dan ttabel 2,02 pada taraf nyata 0,05. Uji statistik menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan handout IPA-Fisika berbasis Science Technology And Society (STS) terhadap hasil belajar siswa pada taraf nyata 0,05
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 05:25 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 05:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15445 |