Yahdiani, Husna (2020) Peningkatan Aktivitas Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 05 Paninggahan Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HUSNA_YAHDIANI_16129175_3485_2020.pdf [thumbnail of B1_6_HUSNA_YAHDIANI_16129175_3485_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HUSNA_YAHDIANI_16129175_3485_2020.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembalajaran tematik terpadu karena guru belum menggunakan model yang inovatif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pembelajaran tematik terpadu hendak nya di imbangi dengan model yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 05 Paninggahan Kabupaten Solok. Subjek penelitian adalah siswa di Kelas IV SDN 05 Paninggahan Kabupaten Solok yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi pelaksanaan dan aktivitas siswa pada pembelajaran tematik terpadudengan model Discovery Learning. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada Siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I 85,10% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 94,4% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I 78,12% dengan kualifikasi cukup meningkat menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I 78,12%, dengan kualifikasi cukup meningkat menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Pada hasil aktivitas belajar siswa, pada Siklus I a) Visual Activities pesentase nya 75% dengan kualifikasi cukup b) Listening Activities pesentase nya 66,25% dengan kualifikasi cukup c) Oral Activities persentase nya 65% dengan kualifikasi cukup d) Mental Activities persentase nya 76,25% dengan kualifikasi baik. Dan Pada siklus II jenis aktivitas yang diamati : a) Visual Activities pesentase nya : 92,5% dengan kualifikasi sangat baik b) Listening Activities pesentase nya 92,5% dengan kualifikasi sangat baik c) Oral Activities persentase nya 92,5% dengan kualifikasi sangat baik d) Mental Activities persentase nya 90% dengan kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa, model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 05 Paninggahan Kabupaten Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AKTIVITAS BELAJAR SISWA, MODEL DISCOVERY LEARNING |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:17 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15430 |