Analisis Sajian Buku Ajar Fisika SMA Kelas XII Semester 1 Terkait Komponen Contextual Teaching and Learning (CTL)

Annisa, Firda (2019) Analisis Sajian Buku Ajar Fisika SMA Kelas XII Semester 1 Terkait Komponen Contextual Teaching and Learning (CTL). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FIRDA_ANNISA_15033108_3529_2019.pdf] Text
B1_5_FIRDA_ANNISA_15033108_3529_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Sajian Buku Ajar Fiska SMAKelas XII Semester 1 sudah mampu memfasilitasi keterlaksanan CTL. Hal iniberdasarkan kenyataan di lapangan menunjukkan masih banyak buku ajar yangtersebar dan belum sesuai dengan kriteria kurikulum 2013, akibatnya siswa sulitdalam memahami isi yang disajikan buku. Selama proses pembelajaran belumterlihat seluruh komponen pendekatan CTL pada sajian buku ajar yang digunakanoleh peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Populasi data dalam penelitian ini adalah seluruh buku ajar fisika SMA kelas XIIyang digunakan 17 sekolah di Sumatera Barat. Pengambilan sampel dilakukandengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Buku AjarFisika SMA Kelas XII Semester 1 terbanyak digunakan sekolah yang diterbitkanoleh empat penerbit yang berbeda. Data pada penelitian ini diambil menggunakaninstrumen analisis sajian buku ajar dan teknik pengumpulan data melalui studidokumentasi.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkanbahwa Analisis yang dilakukan terhadap Sajian Buku Ajar Fisika SMA Kelas XIISemester 1 Terkait Contextual Teaching and Learning (CTL) pada empat BukuAjar Fisika didapatkan hasil analisis bahwa buku yang memperoleh persentasedengan keterpenuhan indikator pada komponen CTL tertinggi yaitu buku SN-YW90,68%. Sedangkan Buku Ajar Fisika yang mendapatkan persentase denganketerpenuhan indikator pada komponen CTL terendah yaitu buku MF-TS 58,13%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BUKU AJAR FISIKA, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:16
Last Modified: 15 Jul 2025 03:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15424

Actions (login required)

View Item
View Item