Pengaruh Profitabilitas, Price Earning Ratio dan Financial Leverage terhadap Underpricing (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan Yang Melakukan Penawaran Umum Perdana (IPO) Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2011)

Enika, Humaira (2013) Pengaruh Profitabilitas, Price Earning Ratio dan Financial Leverage terhadap Underpricing (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan Yang Melakukan Penawaran Umum Perdana (IPO) Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2011). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HUNAIRA_ENIKA_12986_2441_2013.pdf] Text
B1_6_HUNAIRA_ENIKA_12986_2441_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang : 1) Pengaruh profitabilitas (ROA) terhadap underpricing pada perusahaan non keuangan yang melakukan penawaran perdana di Bursa Efek Indonesia. 2) Pengaruh price earning ratio terhadap underpricing pada perusahaan non keuangan yang melakukan penawaran perdana di Bursa Efek Indonesia. 3) Pengaruh financial leverage (DER) terhadap underpricing pada perusahaan non keuangan yang melakukan penawaran perdana di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industry non keuangan yang melakukan penawaran umum perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2006-2011 sebanyak 91 perusahaan dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 61 perusahaan. jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Data diperoleh dari pusat referensi pasar modal PT.BEI. Indonesian Capital Market Directory (ICMD), dan situs internet www.idx.co.id dan www.e- bursa.com. Analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda dengan uji F dan uji T. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Pengaruh yang signifikan negatif antara profitabilitas terhadap underpricing dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3.112 > 2.008 dengan nilai signifikansi 0,03 < 0,05 (H1 diterima). (2) Pengaruh yang tidak signifikan positif antara price earning ratio terhadap underpricing dengan nilai thitung < ttabel yaitu -1.927 < 2.008 dengan nilai signifikansi 0,059 > 0,05 (H2 ditolak). (3) Pengaruh yang tidak signifikan positif antara financial leverage terhadap underpricing dengan nilai thitung > ttabel yaitu -1.409>2.008 dengan nilai signifikansi 0,164 > 0,05 (H3 ditolak). Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi perusahaan emiten agar berusaha untuk meningkatkan nilai perusahaan agar dapat menarik minat para investor untuk. Selain itu juga disarankan bagi para investor agar dalam melakukan penilaian terhadap suatu perusahaan juga memperhatikan faktor lain yang dapat mempengaruhi nilai suatu perusahaan. Bagi penelitian selanjutnya hendaknya memperbanyak jumlah sampel dan menambahkan variabel lain yang mempengaruhi tingkat underpricing.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROFITABILITAS,PRICE EARNING RATIO, FINANCIAL LEVERAGE, UNDERPRICING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:16
Last Modified: 15 Jul 2025 03:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15423

Actions (login required)

View Item
View Item