Peningkatan Kreativitas Siswa Membuat Gambar Dekoratif dengan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di Kelas V SD Negeri 01 Bandar Buat

Meri, Hulvani (2014) Peningkatan Kreativitas Siswa Membuat Gambar Dekoratif dengan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di Kelas V SD Negeri 01 Bandar Buat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HULVANI_MERI_11937_416_2015.pdf] Text
B1_6_HULVANI_MERI_11937_416_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kreativitas siswa dalam pembelajaran membuat gambar dekoratif . Kondisi ini muncul karena guru belum mampu menyajikan pembelajaran yang mendorong keterlibatan siswa secara aktif dan kreatif. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab rendahnya kreativitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan kreativitas siswa membuat gambar dekoratif dengan model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa. Data penelitian ini diperoleh dari kegiatan pembelajaran membuat gambar dekoratif menggunakan model PAKEM bagi siswa kelas V SD Negeri 01 Bandar Buat. Hasil penelitian terhadap kemampuan guru membuat RPP menunjukkan peningkatan, pada siklus I diperoleh rata-rata 69,6% dengan kriteria cukup, pada siklus II menjadi 92,8% dengan kriteria sangat baik. Pada pelaksanaan pembelajaran, untuk aspek guru diperoleh rata-rata 71,25% dengan kriteria baik meningkat menjadi 87,5% dengan kriteria sangat baik, sedangkan untuk pengamatan pelaksanaan pembelajaran aspek siswa pada siklus I rata-ratanya yaitu 70% dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 92,5% dengan kiteria sangat baik. Pada penilaian kreativitas siswa, pada siklus I diperoleh rata- rata 69,6 dengan kriteria cukup dan pada siklus 2 rata-ratanya menjadi 82 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dapat meningkatkan kreativitas siswa membuat gambar dekoratif

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KREATIVITAS SISWA, GAMBAR DEKORATIF
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:15
Last Modified: 15 Jul 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15420

Actions (login required)

View Item
View Item